Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/mhpkbtn/public_html/config/koneksi.php on line 12
MAHAPEKA Banten | Profil

Tentang Kami

Profil Mahapeka
(Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam)

MAHAPEKA merupakan organisasi intra instituter yang berada dilingkungan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang berkiprah dalam bidang kealaman dan kemasyarakatan. Organisasi ini didirikan oleh sekelompok orang yang punya kelebihan dan peduli terhadap masalah lingkungan serta didukung oleh hobby terhadap kegiatan olah raga alam bebas.

MAHAPEKA didirikan dan resmi menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sejak tahun 1984 tapatnya dilingkungan IAIN "Sunan Gunung Djati" Bandung; berawal dari sebuah hobby ternyata organisasi ini berkembang, sehingga pada akhirnya MAHAPEKA melebarkan sayapnya di penghujung Jawa Bagian Barat tepatnya didaerah Serang Banten (IAIN "SGD" Serang, yang saat ini berubah menjadi IAIN "SMH" Banten) dan Jawa Bagian Timur tapatnya di Cirebon (IAIN "SGD" Cirebon, saat ini berubah menjadi IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Semenjak MAHAPEKA Resmi berdiri di Serang Banten; telah banyak hasil yang didapat dan dirasakan oleh semua kalangan baik pihak kampus, pemerintah dan masyarakat umum lainnya. Hal ini terbukti ketika banyaknya program yang telah diselenggarakan oleh Mahapeka Banten yang secara langsung mendukung pelestarian terhadap lingkungan serta pengabdian kepada masyarakat, sehingga pada akhirnya organisasi ini tetap survive dan menjadi organisasi yang diperhitungkan baik dilingkungan kampus maupun diluar kampus. Semua keberhasilan ini pun berkat didukung oleh anggotanya yang sangat menghormati kebebasan berkarya "Cara Terbaik Untuk Mengerti Adalah Dengan Menjalani" yang tidak mengesampingkan nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan.

Organisasi MAHAPEKA merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan hobby menjadi seorang petualang dengan tidak melupakan dirinya sebagai "Kholifatul Fil Ardh" yang merupakan bagian dari alam dan ditugaskan untuk memakmurkan dan melestarikan alam sesuai dengan firman Allah dalam surat Hud ayat 61 "Dialah (Allah) yang telah menciptakan kalian dari bumi (tanah) dan menjadikan kalian sebagai pemakmurnya".