Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/mhpkbtn/public_html/config/koneksi.php on line 12
MAHAPEKA Banten | Belajarlah Dari Suku Badui

Blog

Opini, Ide, Gagasan, Saran, Kritik, Puisi, `Artikel Ilmiah

Belajarlah Dari Suku Badui


Dewasa ini kita sering lupa bahwa keseimbangan hidup antara manusia dan alam adalah mutlak. Sebab alam senantiasa menunjukkan gejalanya kepada manusia yang merupakan sebuah akibat dari aktivitas manusia itu sendiri yang tidak berimbang dalam pengelolaan sumber daya alam. Apalagi zaman yang sudah serba modern seakan lupa bahwa segala sesuatu dipaksakan untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sebenarnya tidak perlu.

Seperti pengelolaan kayu; banyak orang-orang yang menebang pohon tanpa melihat aspek keseimbangan. Sehingga penebangan pohon banyak terjadi melewati batas normal. Ditambah lagi dengan kegiatan llegal logging yang memperparah keadaan hutan kita.

Pengelolaan ikan dilaut; betapa banyak kita menyaksikan penangkapan ikan dengan menggunakan cara-cara yang dapat merusak ekosistem laut. Hal ini terjadi karena keserakahan kita sebagai manusia yang tidak sadar bahwa ada alam yang juga membutuhkan eksistensi diperhatikan.

Dan sungguh masih banyak lagi kegiatan-kegiatan manusia yang melewati batas kemampuan. Sehingga alam pun akan berbicara dengan bahasanya sendiri. Alam tak kenal komproni jika sudah marah. Alam akan memperlihatkan kekuatannya untuk menghancurkan manusia.

Maka saatnya kita belajar dari suku-suku pedalaman yang ada di Indonesia seperti halnya suku Badui yang ada di Kabupaten Lebak. Suku ini sudah tidak diragukan lagi mempunyai kepedulian tinggi terhadap keseimbangan alam. Menghormati batas-batas ekploitasi alam yang turun-menurun dipegang teguh oleh semua anggota suku. Kesadaran untuk menjaga hutan agar tetap lestari. Karena suku Badui tahu bahwa alam pun memiliki haknya.




BACA JUGA:
Gusti Akbar Pinasti

Gusti Akbar Pinasti (Bodel)

-