Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/mhpkbtn/public_html/config/koneksi.php on line 12
MAHAPEKA Banten |

Berita Mahapeka

Berikut adalah arsip berita Mahapeka yang telah dimuat di media cetak ataupun media online

mahapeka-kibarkan-bendera-di-20-puncak-gunung

Mahapeka Kibarkan Bendera di 20 Puncak Gunung


bantenposnews.com - Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (MAHAPEKA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasunudin Banten akan mengibarkan bendera merah putih dan berbagai perusahaan di 20 puncak gunung yang ada di Indonesia pada 1 Juni 2014 mendatang. Pengibaran bendera itu dilakukan secara serempak bertepatan dengan peringatan Hari Pancasila.

Salah seorang aktivis MAHAPEKA IAIN Banten, Rd M Imam Abdillah mengatakan, pendakian gunung dan pengibaran bendera dilakukan dalam upaya memperingati Hari Pancasila. Menurut dia, para pemuda yang dipelopori mahasiswa pecinta alam Banten mengadakan kegiatan pengibaran sang saka merah putih serentak di 20 puncak gunung di nusantara, sekaligus membacakan teks Pancasila.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila juga membuktikan kebaktian pemuda bangsa kepada tanah air Indonesia, yang tetap bangga dan menjungjung tinggi Pancasila sebagai ideologi bangsa. Saatnya pemuda menunjukkan kepekaan, betapa Indonesia kaya akan sumber daya alam, kaya keberagaman dan kaya akan kebudayaan,” papar Imam usai menghadap Kepala Seksi Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten, Endang Purwataningsih belum lama ini.

Menurut dia, Pancasila sebagai ideologi dan dasar bangsa Indonesia lahir pada  1 Juni 1945, atau sebelum  Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Dengan segenap jiwa dan raga Indonesia, ;lanjut dia, negara kepulauan bersatu menajadi satu kesatuan dari Sabang sampai Merauke dan beribu kebudayaan yang diikat dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasilapun termasuk empat pilar NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red). Begitu saktinya Pancasila sehingga mampu menjadi penyangga dan pemersatu keberagaman suku, ras dan agama yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dia menerangkan, pendakian 20 gunung serentak di nusantara meliputi Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur akan dibagi menjadi 20 kelompok. Masing masing kelompok terdiri dari dua orang dengan total pendaki yang dikirim dari Banten 40 orang.

Menurutnya, pengibaran bendera akan serentak dilakukan pada 1 Juni pukul 07.00 waktu setempat. Selain pendakian dan pengibaran bendera Indonesia, para pemuda pecinta alam pun memilki satu agenda wajib lainnya, yaitu sosialisasi perdesaan bagi penduduk kaki gunung yang bertujuan untuk men-support para penduduk agar senantiasa melestarikan alam, menjaga keseimbangan ekosistem dan memberdayakan potensi alam agar bermanfaat bagi alam itu sendiri dan bagi masyarakat sekitar.(RUS/MOR)



BACA JUGA: